Sabtu, 20 Maret 2021

TUGAS SISTEM ENTERPRISE 1

KEDAI KOPI DARI PAGI


Proses Bisnis dalam Kedai Kopi : 

Marketing and Sales

Supply Chain Management

Accounting and Finance

Human Resources

Melakukan big promo, pada grand opening, dan pada hari-hari besar

Membeli bahan baku mentah, dan alat-alat untuk produksi

Membuat Pembukuan dan laporan keuangan secara digital

Perekrutan Karyawan( Barista, Pegawai Kasir, Pelayan)

Pengelolaan Harga jual yang mampu menutupi biaya produksi

Malakukan negosiasi dengan pemasok bahan (Petani kopi)

Menjadi penghubung dengan pihak ketiga (Investor)

Melakukan pelatihan karyawan, serta memberikan Achievment bagi pegawai teladan

Menentukan target pasar (kalangan remaja)

Menjalin hubungan  baik dengan pemasok serta partner-partner lain

Memperkirakan dan meminimalisir kelebihan dana, pada penyewaan tempat, dan biaya produksi

Mengatur pembagian gaji karyawan

Menerima pesanan (Dapat dilakukan ditempat atau secara online)

Memastikan kosistenitas penggunaan bahan baku dalam resep

Pembayaran pemasok

Mengatur jadwal karyawan

 

SISTEM INFORMASI :

Marketing and Sales

Supply Chain Management

Accounting and Finance

Human Resources

Menerim data pesanan baik online maupun offline

Pendataan kelengkapan bahan baku dan pendataan alat 

Merekap pemasukan dan pengeluaran, serta laporan keuangan 

Pendataan absensi karyawan dan kinerja karyawan 











Area Fungsional Sistem Informasi terdapat beberapa hal didalamnya, antara lain:

  • Input dan Output untuk setiap area fungsional
  • Mencatat jenis data yang dibutuhkan oleh masing-masing area
  • Sistem Informasi memlihara hubungan antara semua area dan proses fungsional

1. Marketing and Sales

  • Membutuhkan informasi dari bidang fungsional lainnya.

  • Customer dapat memesan dengan cara datang langsung ke gerai, maupun melalui aplikasi. Lalu mencatat produk yang sering di pesan.

  • Memerlukan data dari Human Resource untuk bertukar informasi terkait dengan kebutuhan perekrutan, perlidungan hukum, izin usaha, dll.

  • Input yang diperlukan oleh M/S:

    • Data pesanan
    • Data pelanggan
    • Data trend penjualan
    • Statistik penjualan
    • Harga pokok per unit
  • Output yang dihasilkan:

    • Strategi penjualan
    • Kebijakan harga
    • Kebutuhan tenaga kerja
    • Data Pembayaran customer

2. Supply Chain Management 

  • Membutuhkan informasi dari beberapa area fungsional.

  • Rencana produksi perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang berdasarkan data marketing.

  • Perencanaan yang akurat dibutuhkan untuk:

    • Bahan baku dan bahan penolong sesuai dengan kebutuhan (menghindari stockout).
    • Tingkat persediaan yang tetap rendah untuk penghematan biaya persediaan (menghindari overstock).
  • Menelaah lebih lanjut data statistik penjualan dari divisi A/F untuk dapat menyesuaikan biaya.

  • Berinteraksi dalam beberapa hal dengan Human Resource.

  • Mencatat dan menyediakan data bagi Acct/Fin untuk pencatatan pemakaian sumber daya (bahan, mesin, tenaga kerja) dan kebutuhan analisa biaya.

  • Input yang diperlukan :

    • Data penjualan produk
    • Perencanaan produksi
    • Level persediaan
    • Kebijakan penambahan dan pengurangan tenaga kerja
  • Output yang dihasilkan:

    • Pemesanan bahan baku
    • Laporan pembelian dan produksi bahan baku
    • Data pemakai sumber daya
    • Data produksi dan persediaan

3. Accounting and Finance 


  • Membutuhkan informasi dari semua bidang fungsional.


  • Mencatat transaksi pada masing-masing buku account, seperti Sales, Penerimaan Kas, Penerimaan material, pengeluaran kas, biaya-biaya dan akhirnya mempersiapkan laporan keuangan.

  • Bagian lain menyediakan informasi terkait dengan data penjualan (M/S), data produksi dan persediaan (SCM), gaji dan kesejahteraan (HR), akurasi dan ketepatan waktu dari fungsi fungsi lain mempengaruhi akurasi dan ketepatan waktu penyajian laporan oleh Acct/Fin.

  • Mencatat data laporan pembelian bahan baku dan perawatan alat produksi.

  • Input yang diperlukan:

    • Data pembayaran customer
    • Data penjualan
    • Data produksi dan persediaan
    • Data pengupahan dan biaya
  • Output yang dihasilkan:

    • Data penjualan
    • Laporan keuangan
    • Pembayaran kepada pemasok

4. Human Resource 

  • Membutuhkan informasi dari bidang fungsional lain.

  • Melakukan tugas terkait dengan perekrutan, kesejahteraan, pelatihan, tata kelola yang sesuai dengan peraturan dan undang-undang.

  • Membutuhkan proyeksi kebutuhan tenaga kerja yang akurat dari bagian lainnya terkait dengan spesifikasi tenaga kerja untuk menentukan upah dan seberapa perusahaan mampu membayar karyawan.

  • Menyediakan data yang akurat dan tepat waktu sebagai laporan kepada manajemen.

  • Mengelola database kompetensi karyawan untuk kebutuhan promosi, kenaikan upah.

  • Input yang diperlukan:

    • Data skill
    • Data kebutuhan tenaga kerja
  • Output yang dihasilkan:

    • Pelatihan karyawan
    • Mengevaluasi kinerja karyawan dan memberhentikan karyawan
    • Mengatur rancangan gaji karyawan yang sesuai dengan tugas dan kontribusi bagi perusahaan
    • Databse keahlian
    • Data aturan dan ketentuan

KESIMPULAN : 

  • Sistem informasi menangkap, memproses, dan menyimpan data untuk memberikan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan.

  • Sistem informasi area fungsional harus diintegrasikan, sehingga data yang dibagikan akurat dan tepat waktu.

  • Ketepatan waktu dan keakuratan data adalah penting untuk keberhasilan proses dimasing-masing area fungsional, sehingga mendukung operasional perusahaan, dan pertumbuhan dimasa mendatang.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Individu-7 TECHNOPRENEUR