KEDAI KOPI DARI PAGI
Marketing and Sales |
Supply Chain Management |
Accounting and Finance |
Human Resources |
Melakukan
big promo, pada grand opening, dan pada hari-hari besar |
Membeli
bahan baku mentah, dan alat-alat untuk produksi |
Membuat
Pembukuan dan laporan keuangan secara digital |
Perekrutan
Karyawan( Barista, Pegawai Kasir, Pelayan) |
Pengelolaan
Harga jual yang mampu menutupi biaya produksi |
Malakukan
negosiasi dengan pemasok bahan (Petani kopi) |
Menjadi penghubung
dengan pihak ketiga (Investor) |
Melakukan
pelatihan karyawan, serta memberikan Achievment bagi pegawai teladan |
Menentukan
target pasar (kalangan remaja) |
Menjalin
hubungan baik dengan pemasok serta
partner-partner lain |
Memperkirakan
dan meminimalisir kelebihan dana, pada penyewaan tempat, dan biaya produksi |
Mengatur
pembagian gaji karyawan |
Menerima
pesanan (Dapat dilakukan ditempat atau secara online) |
Memastikan
kosistenitas penggunaan bahan baku dalam resep |
Pembayaran
pemasok |
Mengatur
jadwal karyawan |
SISTEM INFORMASI :
Marketing and Sales | Supply Chain Management | Accounting and Finance | Human Resources |
Menerim data pesanan baik online maupun offline | Pendataan kelengkapan bahan baku dan pendataan alat | Merekap pemasukan dan pengeluaran, serta laporan keuangan | Pendataan absensi karyawan dan kinerja karyawan |
Area Fungsional Sistem Informasi terdapat beberapa hal didalamnya, antara lain:
- Input dan Output untuk setiap area fungsional
- Mencatat jenis data yang dibutuhkan oleh masing-masing area
- Sistem Informasi memlihara hubungan antara semua area dan proses fungsional
1. Marketing and Sales
Membutuhkan informasi dari bidang fungsional lainnya.
Customer dapat memesan dengan cara datang langsung ke gerai, maupun melalui aplikasi. Lalu mencatat produk yang sering di pesan.
Memerlukan data dari Human Resource untuk bertukar informasi terkait dengan kebutuhan perekrutan, perlidungan hukum, izin usaha, dll.
Input yang diperlukan oleh M/S:
- Data pesanan
- Data pelanggan
- Data trend penjualan
- Statistik penjualan
- Harga pokok per unit
Output yang dihasilkan:
- Strategi penjualan
- Kebijakan harga
- Kebutuhan tenaga kerja
- Data Pembayaran customer
2. Supply Chain Management
Membutuhkan informasi dari beberapa area fungsional.
Rencana produksi perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang berdasarkan data marketing.
Perencanaan yang akurat dibutuhkan untuk:
- Bahan baku dan bahan penolong sesuai dengan kebutuhan (menghindari stockout).
- Tingkat persediaan yang tetap rendah untuk penghematan biaya persediaan (menghindari overstock).
Menelaah lebih lanjut data statistik penjualan dari divisi A/F untuk dapat menyesuaikan biaya.
Berinteraksi dalam beberapa hal dengan Human Resource.
Mencatat dan menyediakan data bagi Acct/Fin untuk pencatatan pemakaian sumber daya (bahan, mesin, tenaga kerja) dan kebutuhan analisa biaya.
Input yang diperlukan :
- Data penjualan produk
- Perencanaan produksi
- Level persediaan
- Kebijakan penambahan dan pengurangan tenaga kerja
Output yang dihasilkan:
- Pemesanan bahan baku
- Laporan pembelian dan produksi bahan baku
- Data pemakai sumber daya
- Data produksi dan persediaan
3. Accounting and Finance
Membutuhkan informasi dari semua bidang fungsional.
Mencatat transaksi pada masing-masing buku account, seperti Sales, Penerimaan Kas, Penerimaan material, pengeluaran kas, biaya-biaya dan akhirnya mempersiapkan laporan keuangan.
Bagian lain menyediakan informasi terkait dengan data penjualan (M/S), data produksi dan persediaan (SCM), gaji dan kesejahteraan (HR), akurasi dan ketepatan waktu dari fungsi fungsi lain mempengaruhi akurasi dan ketepatan waktu penyajian laporan oleh Acct/Fin.
Mencatat data laporan pembelian bahan baku dan perawatan alat produksi.
Input yang diperlukan:
- Data pembayaran customer
- Data penjualan
- Data produksi dan persediaan
- Data pengupahan dan biaya
Output yang dihasilkan:
- Data penjualan
- Laporan keuangan
- Pembayaran kepada pemasok
4. Human Resource
Membutuhkan informasi dari bidang fungsional lain.
Melakukan tugas terkait dengan perekrutan, kesejahteraan, pelatihan, tata kelola yang sesuai dengan peraturan dan undang-undang.
Membutuhkan proyeksi kebutuhan tenaga kerja yang akurat dari bagian lainnya terkait dengan spesifikasi tenaga kerja untuk menentukan upah dan seberapa perusahaan mampu membayar karyawan.
Menyediakan data yang akurat dan tepat waktu sebagai laporan kepada manajemen.
Mengelola database kompetensi karyawan untuk kebutuhan promosi, kenaikan upah.
Input yang diperlukan:
- Data skill
- Data kebutuhan tenaga kerja
Output yang dihasilkan:
- Pelatihan karyawan
- Mengevaluasi kinerja karyawan dan memberhentikan karyawan
- Mengatur rancangan gaji karyawan yang sesuai dengan tugas dan kontribusi bagi perusahaan
- Databse keahlian
- Data aturan dan ketentuan
KESIMPULAN :
Sistem informasi menangkap, memproses, dan menyimpan data untuk memberikan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan.
Sistem informasi area fungsional harus diintegrasikan, sehingga data yang dibagikan akurat dan tepat waktu.
Ketepatan waktu dan keakuratan data adalah penting untuk keberhasilan proses dimasing-masing area fungsional, sehingga mendukung operasional perusahaan, dan pertumbuhan dimasa mendatang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar